facebook

internet marketing indonesia

Facebook

Situs social networking yang sedang naik daun

facebook-login

Facebook ternyata keren juga, konsepnya sama seperti Frienster. Sama – sama situs Social Networking. Di Indonesia Frienster lebih terkenal, tapi belakangan ini Facebook mulai sedikit demi sedikit menggeser popularitas Frienster. Bahkan Facebook sekarang menjadi rebutan perusahaan besar seperti microsoft, yahoo, google dengan harga $15Milyar. Facebook yang didukung banyak aplikasi dengan menggandeng pihak ketiga juga memiliki fitur yang mudah digunakan bahkan bagi pengguna yang masih pemula. Facebook yang pada awalnya oleh pembuatnya hanya digunakan di lingkungan harvard sekarang mulai mendapat tempat di hati orang-orang Indonesia.

Bagaimana dengan Friendster? Friendster tentu masih mendapat tempat dihati penggemarnya, dengan kemampuan kustomisasi yang boleh diandalkan seperti : user bisa memasukkan kode css untuk mengedit tampilan Friendsternya bebas sesuai keinginannya, beda dengan Facebook yang uncustomizeable. Dan tentu saja dengan popularitas yang masih tinggi di dunia dipastikan tidak mudah bagi Facebook untuk melangkahi kakaknya yang satu ini.

Tapi sepertinya pihak Friendster sendiri tidak tinggal diam, terbukti di friendster mulai terlihat sedikit perubahan, coba aja buka friendster.com, tampilannya sudah tidak seperti dulu lagi. Sekarang terkesan agak lux, dengan menggunakan teknik pewarnaan gradasi pada beberapa bagian seperti tempat login.

Fitur yang agak mencolok yaitu Facebook tidak menyediakan blog bagi penggunanya, dimana diseluruh dunia blogging begitu melejit. Friendster sejak tahun 2005 sudah menyediakan fitur blog bagi penggunanya, sehingga bagi penggunanya yang ingin menulis dihalaman tersendiri baik itu curhat, promosi atau apapun itu bisa terlayani tidak hanya dengan menggunakan Bulletin Board. Kita tunggu saja apa Facebook juga akan ikut latah dengan menyuntikkan fitur tersebut. Namun ada beberapa pengguna yang merasa fitur blog di Friendster terkesan setengah hati, karena tidak didukung kemampuan blogging yang memadai seperti akses yang lambat, upload gambar untuk blog yang dibatasi sebanyak 50 buah

Apa hubungannya Facebook dengan internet marketing?

Di dalam Facebook disediakan fasilitas untuk beriklan, kita bisa mengatur sendiri strategi penempatan iklan yang disesuaikan dengan alokasi anggaran yang kita miliki. Modelnya sendiri ada dua, yaitu yang dinamakan “Pay for Clicks” dan “Pay for Views”.

1. Pay for Clicks

Pada model ini kita akan diminta memasukkan anggaran harian kita dan juga nilai bid kita, seberapa besar kita bersedia membayar untuk setiap klik terhadap iklan kita. Jumlah yang akan ditagihkan ke kita nantinya tidak akan melebihi anggaran yang telah kita tentukan sendiri.

Facebook sendiri menyediakan fitur Daily Budget untuk menentukan alokasi anggaran kita dalam satu hari. Jumlah minimalnya adalah $1 AS per hari, sedangkan maksimalnya tidak dibatasi. Lalu, fitur kedua adalah Max Bid, yang menunjukkan berapa besar nilai yang bersedia kita bayarkan untuk setiap klik ke iklan kita. Jumlah minimal Max Bid ini sebesar 1 sen dollar AS sedangkan jumlah maksimalnya tidak dibatasi.

Tentu, semakin tinggi nilai yang kita masukkan, peluang frekuensi iklan kita yang ditayangkan oleh Facebook akan semakin intens. Selain itu, kalau jumlah kliknya sudah melebihi batas Daily Budget tadi, Facebook secara otomatis akan menghentikan penayangan iklan kita, sehingga jumlah tagihan kita tidak akan melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Ilustrasinya begini : Pada saat kita menentukan Daily Budget sebesar 100 dollar AS. Kemudian Max penawarannya kita tentukan sebesar 0,5 dollar AS. Jadi, kalau ada orang yang meng-klik iklan kita, kita akan membayar sebesar 0,5 dollar AS kepada Facebook sebagai penyedia media iklan kita.

Nah, begitu iklan kita sudah diklik sebanyak 200 orang pada satu hari alias sudah mencapai batas anggaran kita, Facebook secara otomatis akan menghentikan tayangan iklan kita itu.

Menarik bukan? Jadi kita membayar iklan tersebut benar-benar sesuai dengan hasil yang kita dapatkan. Alokasi anggaran iklan kita akan benar-benar efisien.

2.Pay for Views

Pada model ini mirip dengan model “Pay for Clicks”. Bedanya, yang jadi dasar perhitungan bukan jumlah klik melainkan jumlah views atau impresi (jumlah berapa kali tayang) terhadap iklan kita. Biasanya standarnya dihitung berdasarkan setiap 1000 views.

Kalau “Pay for Clicks” disebut juga cost per click (CPC), maka”Pay for Views” dikenal juga sebagai cost per M-impression (CPM). “M” di sini melambangkan angka Romawi yang berarti seribu.

Model penentuan harga di atas bukan hanya merupakan monopoli Facebook. Sudah banyak situs yang memberlakukan model tersebut.

Google misalnya, sudah memberlakukan kedua model penentuan harga tadi untuk program AdSense dan AdWords-nya. Google malah sudah pernah memberlakukan model cost per action atau disebut juga cost per acquisition (CPA). Kalau di eBay, model ini disebut sebagai AdContext.

Di sini pemasang iklan dikenakan tagihan berdasarkan aktivitas tertentu dari si pelanggan. Kalau ada pelanggan yang melihat iklan lalu pada akhirnya ia membeli produk tersebut, tarif iklan yang dikenakan ke si pemasang iklan akan lebih besar dibanding kalau pelanggan tadi hanya meminta informasi lebih lanjut misalnya.

Kisah di atas menunjukkan bahwa praktik marketing sudah harus berubah menjadi low-budget high-impact, bukan lagi high-budget high-impact apalagi high-budget low impact.

Berikut adalah beberapa peraturan yang harus ditaati dari Facebook :

  • Profil di Facebook harus menggunakan nama user yang sesungguhnya.
  • Harus memasukkan nama lengkap.
  • Nama selebriti, nickname, atau nama palsu lainnya tidak diizinkan dan tidak akan disetujui.
  • Kata – kata kotor dan sumpah serapah tidak diizinkan dan tidak akan disetujui.
  • Penulisan yang tidak sesuai dengan standar yang diizinkan seperti : ISn’t~ ThIs <3 AnN0YiNg 2 ReAd? tidak akan disetujui.
  • Jangan coba – coba untuk membuat satu kalimat menjadi satu kata. Tidak akan disetujui.
  • Setiap perubahan akan diperiksa. Diperkirakan akan memakan waktu 24 jam baru disetujui.

Bukan masanya lagi kita membuang-buang uang tanpa mengetahui hasil riil yang kita dapatkan. New Wave Marketer harus bisa melakukan aktivitas internet marketing yang efisien sekaligus efektif.

PS : Saya pernah mempunyai masalah dengan login wordpress, apa anda juga pernah? Jika ya¬† …. saya coba berbagi dengan anda jawabannya di halaman lain blog ini.

→ One Response to “Facebook”

  1. Daftar GRATIS !!!
    Tidak perlu beli produk