membangun sebuah kepercayaan

kedekatan emosi

Membangun sebuah kepercayaan

Seberapa besar kepercayaan orang terhadap bisnis online kita?

kepercayaan

Percayalah padaku

Saya percaya kepadanya, sehingga saya bersedia berbisnis dengannya; saya tidak ragu bertransaksi dengannya karena saya yakin ia tidak akan menipu saya; saya tidak ragu merekomendasikan agar Anda berbisnis dengan dia, karena saya percaya ia selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk mitra bisnisnya. Yah, rasa percaya memang merupakan landasan bisnis yang kuat. Tanpa adanya rasa percaya, tak akan ada transaksi bisnis yang terjadi. Itulah sepenggal paragraf dari situs sinarharapan.co.id

Jelaslah bahwa kepercayaan merupakan motor penggerak bisnis. Lalu apa kunci membangun kepercayaan? Kuncinya hanya satu : “kedekatan”.

Kedekatan emosional biasanya lebih efektif untuk membuka “kepercayaan” orang lain kepada kita. Tanpa adanya kedekatan “emosional”, rasa percaya tidak akan pernah ada. Kedekatan emosional bisa muncul jika ada rasa saling menyukai, keinginan untuk saling membantu, semangat untuk berbagi dan ketulusan untuk saling menghargai.

Seperti halnya bisnis offline, bisnis online pun membutuhkan kiat jitu bagaimana  menghilangkan kendala ketidakpercayaan itu.

Transparansi dan keterbukaan data diri anda sangat dibutuhkan oleh orang lain, agar orang lain merasa aman jika berhubungan bisnis dengan anda.

Coba anda bandingkan, ada 2 buah website bisnis online :

Website 1 memberikan informasi data owner dengan jelas dan detail dengan harapan orang lain akan mudah menghubungi si owner. Owner tersebut dikenal oleh banyak orang karena tips2nya dan suka memberi solusi gratis kepada pengunjung website.

Website 2 memberikan informasi data owner dengan cara disamarkan ( jelas ini meragukan ). Owner tersebut hanya fokus terhadap penjualannya tanpa mau memberi solusi terhadap masalah yang ada pada pengunjung website. Jika saya jadi pengunjung website ini, cukup sulit bagi saya untuk menaruh kepercayaan kepada si owner.

INTINYA : MEMBERI … MEMBERI … dan MEMBERI

JANGAN : MANA UNTUK SAYA …. Memberi aja belum, kok sudah minta dikasih.

Percayalah dengan memberi solusi terhadap masalah yang dihadapi orang lain, suatu saat pasti ada balasan positif yang akan kita terima.

Seperti di blog ini, saya berusaha memberikan dan berbagi pengalaman tentang internet marketing bagi siapa saja ( terutama pemula yang pasti banyak kendala ). Dulu saya pernah mengalami apa yang dinamakan stress dalam belajar bisnis internet / internet marketing. Saya tidak ingin anda mengalami hal serupa. Hubungi saya di admin[at]caramarketing.com jika anda butuh diskusi internet marketing, apa yang mampu saya lakukan akan saya berikan untuk anda.

Sedikit cerita nich, saya punya kenalan namanya Danang Eko Waskito. Banyak bisnis online yang dia kerjakan seperti menjual template siap pakai, jualan jasa hosting bahkan sampai untuk (maaf bukan pornografi) urusan ranjang suami istri dia juga punya produknya.

Awalnya saya sulit menaruh kepercayaan kepadanya, tapi setelah beberapa kali kontak telepon maupun YM, ternyata orangnya asyik diajak ngobrol. Hingga saya merasa sangat dekat dengan dia, ketika saya menemui masalah di bisnis online dia-pun mau berbagi pengalaman dan memberi solusi bagi saya. Padahal itu diluar koridor bisnis online-nya. Salut untuk dirimu kawan…………….. semoga sukses.

Saya ingin seperti teman saya itu bagi kehidupan anda. Sangat melegakan jika anda mau meluangkan waktu untuk meninggalkan komentar atas postingan ini.

→ 2 Responses to “Membangun sebuah kepercayaan”

  1. Thank You for sharing your knowledge, Really nice post

  2. wah makasih buat artikelnya bro, mayan lagi belajar bisnis nih..